Kamis, 11 Februari 2016

Tips Membuat Udang Goreng Tepung Renyah dan Gembung



Semangattttt Pagiiii teman-teman, kebetulan nih nulis blog nya emang pagi-pagi habis selesai masak :). Kali ini saya mau berbagi tips biar udang goreng tepung yang kita bikin itu renyah dan gembung bentuk nya :D. teman-teman terutama ibu-ibu sudah biasa kali yah bikin udang goreng tepung udah hapal di luar kepala pasti cara buatnya hehehehehe.

Oke pertama-tama ibu mertua kalo beli udang selalu 1 kilo untuk stok di kulkas *menantu yg jarang kepasar :D lalu sampai di rumah dibersihkan di kupas kulit dan sisakan buntut nya, biasanya satu kilo itu di bagi 3 ditaruh di dalam plastik isinya setiap bungkus kira-kira 12-15 ekor udang, kalo ingin udang nya lurus-lurus saat di goreng, badan udang bagian bawah yg melengkung itu di sayat jangan sampai putus biar seperti patah begitu, sayat dibeberapa bagian, kalo sudah baru deh di freezer.

Untuk bikin udang goreng tepung sebener nya sama dengan resep-resep yang lain, begini cara nya, tepung terigu kira-kira 4-5 sendok makan penuh (untuk satu bungkus udang yg sudah dibersihkan tadi) trus dikasi telur 1 biji, garam, royc*, merica sedikit kalo suka, selanjut nya aduk pake air, aduk rata bikin adonan nya yang kental banget jadi pada saat nuang air nya dikit-dikit aja biar gak kebanyakan, kental nya adonan itu seperti bubur kalo saya bikin.
Dan ini rahasia nya udang goreng tepung bisa renyah dan gembung ADEM SARI, yappp adem sari yang buat panas dalam itu hehehehehehe..untuk 1 bungkus udang tadi saya pake setengah bungkus adem sari, masukan ke dalam adonan tepung kental nanti pasti akan berbuih tapi di aduk rata saja, usahakan untuk segera dipake adonan udang nya karena nanti lama-lama bisa jadi encer adonan nya.


 penampakan tepung yang sudah di beri adem sari

Sebener nya adem sari ini bisa di bilang sebagai pengganti baking soda untuk merenyahkan tapi karena adem sari ini ada rasa nya jadi rasa tepung nya itu enak ada rasa manis-manis nya gitu, dan ingat yah adonan harus kental kalo tidak kental nanti udang nya gak mau gembung, cara untuk menguleni udang ke tepung nya, pegang buntut udang terus putar2 badan udang di adonan tepung sampai tertutup semua, dan ingat saat menggoreng panas minyak harus pas jangan sampai kepanasan karena nanti tepung bagian dalam nya tidak masak. Udang goreng tepung ini enak di cocol pake sambal botol atau mayonaise :)

Oke sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat :D
 photo banner2_zpsoxumvvmz.jpg







0 komentar:

Posting Komentar